Senin, 11 November 2013

Dalam post kali ini, Author akan memperkenalkan clan-clan yang ada pada TCG CardFight Vanguard. Dengan pengenalan singkat ini, Author berharap bisa membantu para pemain untuk mengenal tiap-tiap clan dan bahkan memilih playstyle paling cocok bagi mereka. Ok, kita mulai perkenalannya.


Angel Feather
Sesuai namanya, clan ini bertema tentang para malaikat / Angel. Klan ini unik karena banyak efek kartu yang menaruh unit pada Damage Zone untuk mengganti unit yang berbeda dari Damage Zone juga. Hal ini pada dasarnya mengubah Damage Zone menjadi Hand kedua bagi player, dan memastikan bahwa player tidak benar-benar kehilangan unit yang kuat hanya karena Damage Check yang jelek. Efek ini juga bekerja sebagai efek pseudo-damage-flipping, dimana player dapat mengambil damage yang sudah tertutup (akibat CounterBlast) untuk menggantinya dengan kartu yang masih terbuka. Menggunakan efek kartu lain, player bahkan dapat melakukan Superior Call unit dari Damage Zone, atau bahkan menghilangkan damage tanpa penggunaan Heal Trigger. Kekurangan Angel Feather dalam hal power dapat ditutupi dengan ketahanan mereka. 



Gold Paladin
Gold Paladin merupakan klan sangat beragam dan kuat. Dengan CounterBlast yang cukup, mereka dapat memanfaatkannya untuk melakukan Superior Call unit dari dek, secara drastis meningkatkan kekuatan offensif mereka, dan bahkan mengorbankan unit mereka sendiri untuk memungkinkan Vanguard mereka untuk menyerang dua kali dalam giliran. Karena banyak dari efek mereka memerlukan penggunaan CounterBlast, pemain Gold Paladin harus terus menerima damage supaya CounterBlast mereka tersedia, dan mereka benar-benar mendapatkan keuntungan dalam jangka panjang dari setelah mengambil setidaknya 4 damage, karena banyak unit mereka kuat memiliki Limit Break. Jadi, sementara mereka melakukan permainan berisiko di awal pertandingan, mereka unggul dalam menangkap kemenangan akhir permainan.



Oracle Think-Tank
Sebuah klan yang beragam, unit OTT terdiri dari suster bersenjata, patung hidup, dan legenda-legenda Jepang. Berbeda klan lainnya, OTT mempromosikan mekanik mempertahankan keunggulan kartu melalui konsisten meningkatkan jumlah kartu Hand mereka. Daripada offensif atau defensif playstyle, OTT deck lebih taktis berorientasi. Banyak unit memiliki efek yang memungkinkan player untuk menarik kartu dan mengirim kartu dari tangan player ke bagian bawah dek. Jika player memilih kartu-kartu secara bijaksana, player dapat mengatur akhir-game dengan menumpuk Trigger dan kartu yang berguna di tempat yang tepat. OTT juga memanfaatkan Soul sebagai cara menipis deck player ke bawah sehingga player dapat mencapai kartu yang player butuhkan jauh lebih cepat. Mereka sangat konsisten, tapi mengharuskan player untuk berpikir ke depan jika player ingin sukses.


Royal Paladin
Keberhasilan utama mereka datang dalam bentuk Field penuh dengan Rear-Guard, konsisten mengaktifkan efek untuk memberikan serangan yang kuat. Tujuan tersebut dipenuhi melalui unggul memanggil unit ke Field dan memperkuat unit sudah di Field. Beberapa unit bahkan dapat menambahkan Critical sendiri melalui kondisi / efek. Sementara mereka tidak benar-benar sebuah klan yang membutuhkan banyak berpikir untuk bermain, mereka akan sulit untuk melawan jika lawan tidak memiliki kartu dengan base power yang kuat atau pertahanan yang sangat baik.


Shadow Paladin
Mereka terkenal karena kemampuan mereka yang mengorbankan unit Rear-Guard mereka untuk memperkuat Vanguard mereka. Dalam rangka mempertahankan keberadaan tumbal, banyak unit Shadow Paladin mampu melakukan Superior Call. Sama seperti dengan Royal Paladin, mereka juga unggul dalam menjaga Field tetap penuh, tetapi mereka juga dapat menggunakan jumlah mereka untuk keuntungan sekali lagi pada gilirannya dengan mengorbankan Rear-Guard untuk efek tambahan. Maklum, mereka agak lemah dalam pertahanan. Kemampuan offensif mereka lah yang menjadi keunggulan bagi mereka. 


Kagero
Sebuah klan naga api, keunggulan Kagero dari menggunakan efek untuk men-retire unit Rear-Guard lawan mereka, sambil menawarkan pemain banyak cara untuk melakukannya dan banyak unit yang mendapatkan keuntungan dari melakukannya. Entah itu melalui aktivasi effect, dengan memanggil unit ke Field, atau bahkan dengan menyerang biasa, Kagero dapat melakukan retire bahkan baris belakang lawan. Mereka unggul dalam melumpuhkan kekuatan offensif lawan, dan memaksa mereka ke dalam bermain defensif. Mereka juga memiliki kekuatan offensif yang cukup, dengan beberapa unit yang memperkuat diri setelah efek retire Rear-Guard. Jika kalian menikmati menghancurkan kemampuan offensif lawan dan meninggalkan mereka dengan Vanguard solo, maka klan Kagero adalah pilihan yang terbaik.


Murakumo
Mereka adalah deck defensif, memanfaatkan kartu yang dapat melakukan Superior Call unit lain ke Field untuk menyerang, yang kemudian dikembalikan ke deck pada End Phase itu. Mereka dapat mengisi ruang kosong dengan Rear-Guard unit, tanpa kehilangan kartu dari tangan mereka, kartu yang idealnya akan menjadi unit dengan kemampuan Shield tinggi. Melalui ini, mereka mempertahankan beberapa persamaan dari keuntungan kartu, sementara masih memberikan beberapa serangan setiap turn. Secara keseluruhan, kurangnya unit (bahkan dalam bahasa Jepang) dan kurangnya variasi yang berguna membuat Murakumo salah satu klan yang lebih lemah untuk dimainkan. Jika player suka bermain dengan style hit-and-run, dan tidak keberatan mempertahankan Field kosong pada giliran lawan, maka player mungkin ingin bermain dengan Murakumo.


Narukami
Sementara Kagero adalah naga api, Narukami adalah naga petir. Unit Narukami bisa menjadi sangat kuat, tetapi sering memiliki batasan bahwa mereka hanya dapat menyerang unit Vanguard, atau efek mereka hanya berlaku ketika menyerang sebuah Vanguard. Dengan banyaknya pilihan unit, player juga dapat memanfaatkan efek seperti me-retire lawan Rear-Guard, memperkuat diri mereka sendiri ketika player memiliki lebih banyak Rear-guard dari lawan, dan meningkatkan kekuatan unit player secara umum.  


Nubatama
Mereka fokus pada membuang kartu dari Hand lawan. Sebuah style yang luar biasa, dan membawa mimpi buruk kepada pengguna Hand banyak. Selain itu mereka juga dilengkapi mekanisme baru yaitu Bind. Membuat unit musuh dikeluarkan dari permainan sementara dan bahkan, mereka juga bisa me-retire unit di Bind Zone jika serangan mereka dibiarkan masuk. Membuat musuh terpaksa untuk membuang lebih banyak Hand nya demi keselamatan unit.


Tachikaze
Tachikaze terdiri dari dinosaurus mekanis dengan playstyle me-retire Rear-Guard sendiri untuk mengaktifkan efek. Permainan mereka agak mirip dengan Shadow Paladin, kecuali dengan lebih dari satu fokus jalan pikir pada mengorbankan unit mereka sendiri. Efek yang merupakan cabang dari pengorbanan Rear-Guard mereka sangat bervariasi, dan memungkinkan banyak cara untuk memanfaatkan bahwa hilangnya Field menjadi keuntungan. Namun, tanpa banyak cara untuk mengisi kembali Field yang kosong itu, clan ini akan menghadapi kesulitan ketika berhadapan dengan lawan defensif. Karena itu, mereka biasanya dianggap sebagai salah satu clan lemah. Jika kalian menikmati strategi Shadow Paladin, tapi berpikir bahwa pengorbanannya kurang membawahkan hasil yang cukup, cobalah Tachikaze.



Berhubung waktu sudah tinggal sedikit dan masih cukup banyak clan di Vanguard + Author juga uda cape, maka pengenalan clan Vanguard akan dilanjutkan di lain waktu. Stay tuned!

Part 2 : Here







0 komentar:

Copyright © 2013 Rainmelody | Another Theme | Designed by Johanes DJ